BREAKING NEWS :
Loading...

Bule Amerika Dirantai Gara-gara Joging saat Nyepi di Bali


Kenkenews - Peristiwa nahas dialami oleh seorang wisatawan asal Amerika Serikat yang tengah berlibur di Bali. Pria yang tak diketahui identitasnya itu dirantai oleh pecalang (keamanan) Desa Adat Kampial, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, pada Rabu pagi, 25 Maret 2020.

Bule itu dirantai pihak keamanan adat setempat karena ngotot joging pada saat umat Hindu di Bali melaksnakan Nyepi serangkaian Tahun Baru Caka 1942.

Kapolsek Kuta Selatan, AKP Agustinus Yusak Sooai yang dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Hanya saja, ia mengaku tak tahu jika bule itu sempat dirantai oleh pecalang.

"Bule itu menginap di salah satu vila di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Saat dia keluar hendak joging dilarang petugas vila. Namun dia ngotot mau joging ke luar vila. Karena ngeyel terpaksa dilepas," ujar AKP Yusak, Kamis 26 Maret 2020.

Bule yang mengenakan kaos hitam ini joging ke arah Kampial. Setibanya di Kampial, bule yang mengenakan topi itu dihadang pecalang. Di sana dia diberi pengertian pecalang bahwa pada hari itu umat Hindu sedang merayakan hari raya Nyepi dan tak diperkenankan melakukan aktivitas apapun di luar rumah.

Meski sudah diberi penjelasan, namun bule tersebut tak mengindahkannya. "Awalnya sudah diberi penjelasan oleh pecalang, namun tak diterimanya. Pecalang pun melapor ke Polsek. Mendapat laporan anggota saya langsung menuju ke TKP," kata AKP Yusak.

Saat polisi datang, bule tersebut tetap saja ngotot. Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, polisi langsung membawa bule tersebut ke Polsek Kuta Selatan. Setibanya di Polsek, polisi kembali memberinya penjelasan. Namun, bule itu tetap saja tidak terima. Bahkan, dia menilai dirinya jadi korban.

"Saat anggota saya mengamankannya, dia tidak dirantai. Saya juga kaget ada video beredar kalau dia sempat dirantai. Selama di Polsek kami memberikan penjelasan dengan baik. Bule itu malah memancing emosi. Saya suruh anggota saya mengantar pulang ke vilanya. Terserah kalau dia mau kabur lagi," katanya.  [vivanews]
Powered by Blogger.