BREAKING NEWS :

Ibunda Jokowi Sempat Jalani Operasi Sinus 2 Tahun Lalu


Kenkenews - Keluarga besar Presiden Joko Widodo kini tengah berduka atas kepergian sang ibunda, Sujiatmi Notomiharjo.

Ibunda Jokowi ini meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020) sore ini, sekitar pukul 16.45 WIB di Solo.

Sujiatmi Notomiharjo atau akrab disapa Ibu Noto mengembuskan napas di usia 77 tahun.

Meski belum ada keterangan pasti mengenai penyebab meninggalnya Ibunda Jokowi, namun wanita berkecimpung di dunia usaha kayu itu sempat menjalani tindakan operasi pada tahun 2017.

Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo sempat mengidap sinusitis yang mengharuskannya menjalani operasi sinus pada Minggu (16/7/2017).

Sinusitis adalah peradangan atau pembengkakan jaringan yang melapisi sinus (rongga kecil yang saling terhubung melalui saluran udara di dalam tulang tengkorak).

Sinus yang sehat dipenuhi dengan udara, tetapi ketika mereka tersumbat dan dipenuhi dengan cairan, kuman dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi.

Melansir WebMD, kondisi yang dapat menyebabkan penyumbatan sinus meliputi flu biasa, rinitis alergi (pembengkakan pada lapisan hidung), pertumbuhan kecil di lapisan hidung disebut polip hidung, atau septum menyimpang (pergeseran dalam rongga hidung).

Tanda-tanda utama seseorag mengalami sinusitis yaitu nyeri atau tekanan pada wajah, hidung tersumbat, hidung beringus, kehilangan indera penciuman, batuk, demam, bau mulut, kelelahan, bahkan nyeri gigi.

Pembedahan dapat menjadi pilihan jika sinusitis disebabkan oleh septum yang menyimpang, polip, atau masalah struktural lainnya.

Dokter akan memasukkan tabung tipis ke hidung.

Di salah satu ujungnya terpasang balon kecil dan mengarahkan balon ke area yang tersumbat di dalam hidung dan mengembangnya.

Ini membantu membersihkan lorong sehingga sinus bisa mengalir lebih baik dan tidak akan tersumbat.

Sementara itu, rupanya semenjak sakit sinus tersebut, ibunda Jokowi hanya menjalani 3 hari perawatan pasca-operasi dan dipulangkan pada Rabu (19/7/2017). (grid)
Powered by Blogger.